} Dompet Dhuafa 31 Tahun a Smilling Foundation - Bambang Irwanto Ripto

Dompet Dhuafa 31 Tahun a Smilling Foundation

Hari Selasa, tanggal 2 juli 2024, Dompet Dhuafa 31 tahun. Alhamdulillah.. Sebuah perjalanan yang panjang. Dompet Dhuafa telah menebarkan kebaikan dan manfaat di berbagai bidang dan dalam berbagai hal. Perjalanan 3 dekade yang penuh cerita, membawa kebahagiaan, dan berkah. Aaamin.

Dompet Dhuafa 31 Tahun
Grafis Dompet Dhuafa

Ibarat usia seseorang, menjajaki usia 31 tahun ini, pastinya Dompet Dhuafa sudah sangat matang, baik dalam berpikir, bersikap, dan terus belajar melayani dengan baik. Makanya tema tahun ini Smiling Foundation, fokus bagaimana Dompet Dhuafa melayani masyarakat dengan tersenyum. Yess.. senyum merupakan salah satu sedekah. Senyuman memiliki kekuatan untuk menyebarkan kebaikan, menghibur hati yang sedih, dan memberi harapan kepada yang putus asa.


Cikal Bakal Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa hadir tepat 2 Juli 1993. Waktu itu berupa kolom kecil  di Harian Umum Republika yang  tujuannya mengajak pembaca untuk berdonasi. Dompet Dhuafa lahir dari jiwa-jiwa para jurnalis Harian umum republika yang tergerak untuk membantu sesama.

iklan donasi Dompet Dhuafadi Republika
Foto : Wikipedia

Pemilihan nama Dompet Dhuafa juga sangat cocok. Sangat humanis yang dari kamus Bahasa Indonesia berarti pengabdian kepentingan sesama umat manusia. Dompet berarti tempat menyimpan uang, sedangkan Dhuafa adalah istilah yang merujuk  kepada suatu kondisi seseorang  atau kelompok atau golongan yang hidup dalam ketidak berdayaan baik secara ekonomi maupun secara sosial. 

Nah, melalui Dompet Dhuafa, dana yang terkumpul digunakan untuk memberdaya manusia, agar bisa mandiri, dan akhirnya bisa memperbaiki ekonomi. Kalau ekonomi sudah meningkat, otomatis status sosialnya juga akan ikut meningkat. Pemberdayaan bergulir melalui  pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf. Nantinya dari mustahik atau penerima zakat, akan meningkat menjadi Muzakki atau pemberi zakat. 

Alhamdulillah yang berdonasi semakin banyak. Dari kolom kecil di Harian Umum Republika, Dompet Dhuafa berkembang menjadi lembaga Lembaga  filantropi islam sekaligus lembaga kemanusiaan yang bergerak untuk.pemnerdayaan umat dan kemanusiaan. Alhamdulillah setahun kemudian, Dompet Dhuafa mengantongi akta pendirian yayasan yang tercatat melalui akta N.41 tanggal 14 september 1994 di hadapan notaris H. Abu Yusuf, S.H yang diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 163/A.YAY.HKM/1996/PNJAKSEL. Nama Dompet Dhuafa pun bergandengan dengan Republika menjadi Dompet Dhuafa Republika


31 Tahun Rentang waktu Berbagi Kebaikan

Alhamdulillah tak terasa waktu terus berjalan. Dompet Dhuafa sudah menginjak tahun 31 tahun. Berkantor pusat di Philantropy  Building jalan Warung Jati barat No.14 Jati Padang, Pasar Minggu Jakarta Selatan, saat ini Dompet Dhuafa sudah hadir di 5 kantor layanan. kemudian ada 25 cabang dalam negeri, serta 5 cabang luar  negeri. Dompet Dhuafa pun bekerjasama dengan 88 jaringan strategis di 33 negera.

Foto :Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa memberikan 5 layanan. Mulai dari Donasi, Zakat, Sedekah, Wakaf dan Kurban. Lalu dengan 5 pilar programnya. Dompet Dhuafa terus menebar kebaikan ke seluruh pelosok negeri, bahkan sampai luar negeri. Alhamdulillah dalam rentang Dompet Dhuafa 31 tahun ini sudah 34.771.188 jiwa penerima manfaat telah merasakan kebaikan.

Alhamdulillah Dompet Dhuafa sudah menerima banyak penghargaan. Diantara, Dompet Dhuafa menerima penghargaan SWA : Very Good Marketing dan Customer Service  2023. Dompet Dhuafa juga memborong 11 penghargaan pada ajang Indonesia Fundraising Award 2023. Dompet Dhuafa juga menerima penghargaan di Hari Bakti Pemasyarakatan ke 60 Kemenkumham RI. 

Pilar Program Kesehatan

Melalui Pilar Program Kesehatan, sudah 4.373.311 jiwa yang merasakan manfaatnya. Berbagai program kesehatan ini mulai dari Respon Darurat Kesehatan (RDK), Dukungan Palliative Care Bagi Mustahik, Posyandu Mobile, Layanan Kesehatan Mobile, Gerai Sehat, Pulau Sehat Indonesia, Ambulance Terapung, Gizi untuk Anak Negeri, , Jaringan Kesehatan Ibu dan Anak, , Saving Next Generation Initiative.

Program Sosial

Alhamdulillah dalam rentang 31 tahun, program sosial sudah membantu 21.283.137 jiwa. Berbagai program ditebarkan oleh Dompet Dhuafa. Mulai dari Layanan Mustahik, Bimbingan Rohani Pasien, Bina Santri Lapas, Pondok Jiwa Sehat, Shelter Sehati, Dapur Keliling, Bagian Pemulasaran Jenazah (Barzah), Pemberdayaan Keluarga Mandiri dan Yatim Tangguh. 

Pilar Program Pendidikan

Dompet Dhuafa juga berbagi kebaikan melalui Pilar Program Pendidikan. Alhamdulillah sudah 1.121.134 jiwa yang terbantu. Bebagai program pendidikan dari Dompet Dhuafa adalah, SMART Ekselensia Indonesia, eTahfizh, Etos ID, Bakti Nusa and YOULEAD, Sekolah Guru Indonesia, Sekolah Literasi Indonesia, komunitas Media Pembelajaran (Komed), Makmal Pendidikan, 


Pilar Program Ekonomi

Dompet Dhuafa juga sangat membantu meningkatkan ekonomi para mustahik. Sebanyak 966.368 jiwa sudah terbantu dari berbagai program ekonomi Dompet Dhuafa. Mulai dari Pertanian Sehat, Peternakan rakyat, UMKM kreatif, Social Trust Fund, Agroindustri, sentra Ternak, Kebun Pangan Keluarga, dan Cash for Work 


Pilar Program Budaya dan Dakwah

Budaya dan Dakwah menjadi salah satu pilar Dompet Dhuafa. Melalui pilat ini sebanyak 1.029.238 jiwa sudah terbantu. Beragam aktivitas dari Program Budaya dan Dakwah adalah Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa), Dai Ambasador, Pesantren Muallaf Bina Rohan Pasien, Bina santri lapas, Badan pemulasaran Jenazah, Kampung Silat Jampang, Jang English Village, dan Serami Budaya.


Menebar Kebaikan Bersama Dompet Dhuafa 

Kata orang bijak kalau ingin berbagi jangan menunggu kaya dulu atau berbagilah sesuai apa yang kamu miliki. Alhamdulillah bersama Dompet Dhuafa, saya bisa berbagi kebaikan melalui Dompet Dhuafa.  

Saya ingat sekali bulan puasa 2022 Saya mendapat kesempatan menghadiri acara menyambut Ramadan bertema #JadiManfaatMenurutmu.Pengalaman  pertama yang sangat berkesan dan membuka hati saya. Dalam acara itu, bagaimana Dompet Dhuafa mengajak kita semua untuk berbagi kebaikan dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan Dompet Dhuafa  selama bulan ramadan sesuai potensi dalam diri. Dari situ mulailah saya selalu mendapat kesempatan untuk menyampaikan kebaikan lewat tulisan. 



Alhamdulillah, 2 tahun berikutnya saya pun ikut dalam kegiatan Ramadan Dompet Dhuafa. Tahun 2023 bertemakan Ramadan dari Hati, kemudian tahun 2024 bertemakan, Ramadan Mendekatkan


Bahkan saya juga pernah mendapat kesempatan ikut pelatihan keselamatan jurnalis Siaga Bencana, selama 2 hari. Saya banyak mendapatkan  pelajaran, termasuk cara menangani pertolongan pertama pada kecelakaan. Endingnya kami main arung jeram. Srru sekali. 



Saya sangat bersyukur bisa diajak dalam berbagai kegiatan kebaikan dompet Dhuafa. Semua berkesan, termasuk Gethering Dompet Dhuafa Warrior Of Kindress yang memberikan saya semangat penuh agar terus berbagi.



Dan yang paling sedih, saat acara Al Quds Indonesia. Bagaimana tentang penderitaan rakyat palestina, dan dukungan untuk kemerdekaan tanah para nabi. Semoga semoga kemerdekaan segera dicapai, dan tidak ada lagi rakyat Palestina yang menderita. Aamin



Mudah Berbagi Kebaikan Bersama Dompet Dhuafa

Alhamdulilah, zaman sekarang berbagi kebaikan semakin dimudahkan. Alhamdulillah saya sudah menginstal aplikasi Dompet Dhuafa. Jadi saya usahakan, selepas subuh, akan langsung berdonasi. Tidak perlu besara, sesuai kemampuan saya saja. Bahkan 10 ribu pun Alhamdulillah. 

Terus metoda pembayarannyah juga mudah. Bisa lewat transfer bank, bahkan dompet digital. Mulai dari Gopay, OVO, atau DANA. Kalau saya, biasanya pakai saja mana-mana e-wallet saya yang kebetulan ada saldonya. Ada saldo Gopay, pakai Gopay. Kalau ada saldo Dana, ya pakai Dana saja. Alhamdulillah semua dimudahkan.



Alhamdullilah  banyak keberkahan yang saya dapatkan. Bukan saja rezeki kesehatan, tapi juga rezeki lainnya.Termasuk diberi kesempatan untuk menghadiri beberapa acara seputar donasi dan berbuka puasa. Alhamdulillah...



Berbagi Kebaikan di Dompet Dhuafa tidak hanya aman dan tenang, tapi berkah karena semua akan tersampaikan pada yang berhak menerima. Di Dompet Dhuafa, donasi saya sangat jelas dan transparan. Segala info disampaikan, baik dari aplikasi maupun lewat email.


Jadi bagi teman-teman yang ingin berbagi, segera meluncur ke Dompet Dhuafa. Mari ikut menebar kebaikan bersama Dompet Dhuafa ke seluruh penjuru pelosok negeri, sampai keluar negeri. Insya Allah Berbagi itu indah, bermanfaat, bahagia, dan berkah. Aamiin.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "Dompet Dhuafa 31 Tahun a Smilling Foundation"

  1. Banyak langkah ya Pak Bams dalam menebar kebaikan sehingga menciptakan senyum kebahagiaan baik yang menerima maupun yang memberi. Apalagi ada kemudahan yang asik lewat DD. Jadi yuk semangat menebar kebaikan

    ReplyDelete
  2. Udah lebih dari 30 tahun usia Dompet Dhuafa. Tentunya bukan perjalanan singkat. Alhamdulillah, reputasi DD terus terjaga baik hingga sekarang

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, sudah panjang banget ya perjalanan Dompet Dhuafa dalam menjembatani banyak orang untuk berbagi Dan menyebar kebaikan.

    Semoga di ultahnya ke-31 ini, semakin semangat Dan berkah dalam mengajak umat berbuat kebaikan

    ReplyDelete
  4. Serlamat ya untuk dompet duafa yang sudah melalui perjalanan panjang selama 31 tahun. Semoga sukses selalu Dompet Duafa.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah ya, Pak. Tidak terasa udah 31 tahun saja. Semoga semakin banyak masyarakat yang terbantu dengan keberadaan Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  6. Ikut bangga baca perjalanan Dompet Dhuafa yang gak kerasa udah mencapai usia 31 tahun
    Selama ini paling nyaman ber-zakat-infak dan wakaf di Dompet Dhuafa karena laporan keuangannya jelas, dan hasilnya memberdayakan umat bisa kita lihat bersama

    ReplyDelete
  7. Sebuah perjalanan panjang yang bikin Dompet Dhuafa bisa bertahan hingga sekarang. Memang mengajarkan org utk berbuat kebaikan itu ga gampang. Perlu proses dan perjuangan.

    Semoga Dompet Dhuafa konsisten membantu masyarakat yg memang membutuhkan bantuan. Dan ujungnya, masyarakat bs sejahtera semua.

    ReplyDelete
  8. Selamat Milad untuk Dompet Dhuafa.
    Senang sekali karena pilar DD yang mengakar dan tertancap kuat untuk terus bermanfaat bagi lingkungan yang membutuhkan.
    Masyarakat Indonesia dengan kemudahan teknologi bisa menyalurkan bantuan atau donasinya ke Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  9. baru tahu sejarah awal mula berdirinya Dompet Dhuafa, usia yang cukup matang. Semoga semakin banyak yang terbantu dengan kehadiran Dompet Dhuafa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin untuk doanya kak Retno.
      Iyaya keren dalam membantu dan yang membutuhkan, apalagi ada program pemberdayaan juga kan

      Delete
  10. Masya Allah sudah 31 tahun aja Dompet Dhuafa memberikan manfaat bagi sesama. Semoga bisa terus menebarkan kebaikan di manapun berada. Keren banget pak bisa ikut acara Dompet Dhuafa dari tahun ke tahun. Pengalaman yang pasti luar biasa dan sangat berkesan. Setuju sekali kalau bersedekah tidak perlu menunggu kaya. Sedekah bisa berapa saja nominalnya bahkan dimulai dari 10 ribu pun bisa yang penting ikhlas.

    ReplyDelete
  11. Ternyata usia dompet dhuafa seusia saya. Baru tahu ternyata sudah selama itu berdiri. Memang dompet dhuafa komplit banget layanan untuk memfasilitasi kita berbagi.

    ReplyDelete
  12. Betul, berbagi tak perlu menunggu kaya. Dengan 10 ribu saja sudah bisa ya lewat Dompet Dhuafa. Semoga terus ada sehingga banyak orang terbantu juga.

    ReplyDelete
  13. wah usia dompet dhuafa ternyata udah sebanyak ini. ibarat manusia, udah masuk usia dewasa, dengan segala kebermanfaatannya buat masyarakat. semoga makin kokoh untuk tetap bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Memang seru ya, Pak, bisa ikut acara Dompet Dhuafa. Saya juga pernah ikut berkunjung ke Wakaf Produktif milik Dompet Dhuafa di Subang. Di sana saya bisa lihat langsung kebun buah naga dan kebun nanas serta peternakan kambing yang merupakan hasil wakaf produktif Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  15. Masyaallah ternyata program Dompet Dhuafa banyak banget ya dan sudah dipercaya sebagai lembaga penyalur Zakat dan Infaq secara sudah 31 tahun berkiprah

    ReplyDelete
  16. Masya Allah, Dompet Dhuafa ini udah 31 tahun toh. Rupanya mengawali sejak jaman info apa-apa di koran. Bahkan infonya di pojokan koran. Akhirnya bisa berkembang menjadi program yg sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Keren banget Dompet Dhuafa ini. Dengan adanya lembaga ini jadi banyak orang yang terbantu, tidak hanya dari segi ekonomi aja, tapi juga segi kesehatan, sosial, budaya dan dakwah, juga pendidikan.

    ReplyDelete
  18. Selamat ulang tahun Dompet Dhuafa
    Alhamdulillah ya sudah melewati tiga dasawarsa menuju keempatnya
    Semoga terus memberdayakan dana Masyarakat menjadi lebih baik dan sampai di tangan yang berhak

    ReplyDelete
  19. Wah, sudah 31 tahun ya Dompet Dhuafa
    Kebayang berapa banyak kebaikan yang sudah disebarkan
    Sukses terus Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  20. wah ternyata sudah selama itu ya dompet dhuafa. saya pernah tuh lihat iklat dompet dhuafa seperti gambar di atas waktu ayah saya masih sering langganan koran. sukses selalu untuk dompet dhuafa dan memberikan kebaikan untuk umat

    ReplyDelete
  21. MasyaAllah, membaca bagaimana proses lahirnya Dompet Dhuafa membuat saya kagum. Awalnya hanya dari kolom kecil di Harian Umum Republika, lalu tumbuh dan terus berkembang menjadi Lembaga Filantropi Islam.terkemuka di Indonesia. Ke depan, saya mau nyoba untuk berdonasi lewat Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  22. MasyaAllah pak bambang keren bangett! Saya juga ngikutin nih pak, dan kebetulan nulis jg soal dompet dhuafa ini hahaha, beneran ada rubriknya di republika itu juga hihi pas banget

    ReplyDelete
  23. MasyaaAllah.. Dompet Dhuafa nggak jauh dari usia saya nih, hehe.. Sepak terjangnya juga MasyaaAllah sekali ya PakBams. Semoga makin konsisten sama segala tujuan baiknya, aamiin..

    ReplyDelete
  24. Seru ya pak ikut kegiatan seperti ini, disamping membantu orang" tapi juga ternyata ada kegiatan positif lainnya.

    ReplyDelete
  25. Saya pertama kali kenal Dompet Dhuafa tuh dulu banget melalui koran Republika. Jaman itu masih seru membaca berita lewat koran, bahkan saya turut berlangganan. Tak terasa sekarang Dompet Dhuafa sudah 31 tahun, sudah kian matang. Moga makin banyak donatur melalui organisasi ini dan makin banyak pula dana tersalurkan kepada yang membutuhkan (tepat sasaran).

    ReplyDelete
  26. Tiga dekade sudah bagi perjalanan Dompet Dhuafa yang rupanya bermula dari sebuah kolom di koran umum republika dan merupakan hasil inisiasi dari para jurnalis yang punya kepedulian tinggi. Saat ini pun generasi selanjutnya jadi mengenal DD sebagai salah satu lembaga filantropi ternama di tanah air. Wah, Dompet Dhuafa rupanya seusia dengan saya. Semoga makin mampu menaungi masyarakat dengan berbagai programnya nih, Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  27. DD bisa dipercaya untuk urusan filantrropi. Ternyata sudah 31 tahun ya. Semoga berkah dalam membantu sesama

    ReplyDelete
  28. Yaaa ampun ternyata dompet dhuafa sudah 31 tahun ya menemani kita untuk saling berbagi dan memberikan manfaat untuk kaum dhuafa. Semoga saja bisa langgeng terus kedepannya..

    ReplyDelete
  29. Selalu senang kalau ada event bareng DD karena pastinya bisa mengetahui perjalanan DD dan menjadi bagian dari perjalanan tersebut bakalan menjadi kisah terindah. Dompet Dhuafa selalu untuk kepentingan ummat, in syaa Allah.

    Sukses selalu, Dompet Dhuafa.
    Selamat Milad ke 31 tahun.

    Barakallahu fiikum.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.