} Persiapan Ngebolang Naik Motor - Bambang Irwanto Ripto

Persiapan Ngebolang Naik Motor

Salah satu hal menyenangkan bagi saya adalah naik motor menikmati keindahan alam dan belajar kehidupan. Istilah saya ngebolang hehehe. Ada kebahagiaan tersendiri, saat menyusuri tempatnbaru dengan pemandangan yang menyejukkan hati dan jiwa. Kemudian bisa berinteraksi dengan banyak orang, dan pastinya banyak pelajaran yang saya dapatkan.

Foto : Bing Image - Desain Canva

Hanya sayangnya saat ini masih belum bermotoran jauh. Padahal saya inginnya menyeberang naik kapal laut dari Surabaya ke Makassar, terus menyusuri kota-kota di Sulawesi. Pastinya seru. Apalagi Makassar kota kelahiran saya. Di sana saya besar dan tinggal sampai usia 22 tahun. Bisa sekalian nostalgia kan... hehehe.

Saya pernah sih, ngebolang di 4 kota. Yogyakarta, Solo, Surabaya, Makassar. Tapi tidak naik motor. Dari Kebumen saya naik kereta ke Yogyakarta, lalu lanjut naik kereta lokal lagi ke Solo. Dari Solo saya naik bus ke Surabaya. Nah, dari surabaya, saya terbang ke Makassar. Tapi pasti sensasiya beda bila naik motor hehehe.

Selfie di Pantai Losari Saat Ngebolang ke Makassar

Selama ini, ngebolang saya belum jauh. Baru seputar Kebumen dan kota-kota sekitarnya di Jawa Tengah. Seperti Purwokerto, Banjarnegara, Cilacap, Kutoarjo, Purworejo, Pemalang,  Magelang, lalu mentok di Semarang. Termasuk Yogyakarta yang memang dekat dari Kebumen.

Foto Selfie Pakai Tripod

Tapi saya yakin sih, Insya Allah akan terwujud. Namanya juga keinginan. Harus terus diterbangkan ke langit. Diiringi doa dan usaha. Biar semesta mendukung. Walau belum tahu kapan, tapi sudah ada ancer-ancer di benak saya, apa saja yang harus saya persiapkan saat ngebolang nanti. 


Selfie Dulu Pas di Jalan


Kesehatan

Yang paling utama itu saya harus menjaga kesehatan dulu. Walau semuanya siap, tapi saya kalau saya kurang sehat, maka semua akan percuma, Apalagi di usia saya yang sudah 48 tahun, pastinya sudah banyak batasan-batasan. Misalnya tidak boleh makan sembarangan, terutama yang pedes level dewa. Usahakan tidak boleh begadang, kecuali kepepet ada deadline mendesak. Usahakan selalu olahraga, walau yang ringan-ringan saja, seperti jalan kaki. 

Keuangan

Walau tidak harus banyak, pastinya kondisi keuangan harus prima juga. Setidaknya cukup untuk perjalanan saya ngebolang nanti. Makanya sebelum ngebolang, saya sudah ada hitung-hitungan kasarnya juga. Misalnya berapa tempat yang akan saya singgahi, dan berapa biaya tiap kota.

Sesuai pengalaman, sebelum ngebolang, saya akan kontak adik dan beberapa teman dekat saya. Mengabarkan kalau saya hari dan tanggal sekian akan ngebolang. Jadi siap-siap saya colek saat saya butuh kasbon hahaha. 

Tapi sesuai pengalaman saya juga, saat saya di jalan, ada saja rezeki menulis yang masuk. Dan ini benar-benar rezeki tak terduga. Misalnya saat saya di Yogya, ada teman yang transfer uang kelas menulisprivat Kurcaci Pos. Lalu pas saya di Surabaya, ada fee menulis cerita remaja di website online.

Terus selama perjalanan, masih bisa kok ikut job-job. Bisa dikerjakan saat mampir ke suatu tempat. Jadi nanti ada tabungan setelah pulang ngebolang hehehe. InsyaAllah dalam. Perjalanan selalu dicukupkan.

Perlengkapan Diri

Untuk perlengkapan, saya membawa pakain sesuai kebutuhan saja. Pastinya ada parlengkapan mandi dan obat-obatan. Kalau soal makanan, saya bisa menyesuaikan di jalan. Alhamdulillah untuk urusan makanan saya tidak pemilih. Tapi tetap tidak menyiksa diri juga hehehe.

Perlengkapan Menulis

Biar cerita ngebolang saya bisa dinikmati teman-teman semua, pastinya saya harus membawa perlengkapan menulis. Untuk saya, cukup 2 hape saya yang dipakai bergantian. Lalu charger, dan powerbank, untuk upload di blog masih bisa diakali dengan hape. Begitu juga untuk keperlua sosial media.

Saat beppergian jauh,saya memang jarang membawa laptop. Kerena selain berat, membawa laptop juga berisiko dengan guncangan. Apalagi kan naik motor. Belum lagi kalau pas hujan di jalan.

Kondisi Motor

Nah, ini juga paling utama. Biar semua siap, kalau motor dalan kondisi tak prima, kan percuma. Jadi sudah jadi hal. Wajib saat akan diajak ngebolang motor harus saya servis. Biasanya saya akan ganti oli mesin, oli gardan, busi, dan kalau perlu aki yang baru. Jadi semuanya aman. 

Motor Wajib diservis Saat akan Ngebolang (Dokpri)

Nah untuk oli mesin ini saya terus perhatikan. Bila nanti daya sudah menempuh jarah 3000-5000 km, maka oli mesin harus saya ganti. Sedangkan oli gardan kalau km sudah mencapai 8000-12.000 km

Oli ini akan membuat saya tenang salama dalam perjalanan. Dan seperti lainya, mereka juga sangat memperhatikan oli motor mereka. Tidak harus servis motor, yang penting ganti oli. Jadi motor tejaga suhu panasnya, kompenen tidak mudah aus, termasuk mesin jadi lebih awet.

Oli lengap di Planet Ban (Dokpri)

Alhamdulillah saya sudah menemukan oli X-TEN dari Planet Ban yang pas buat motor saya. Terus olinya ini awetnya 2X lebih awet. Kalau ganti di Planet Ban, sudah gratis dibantu isi oli, juga gratis cek kondisi motor

Nah, itu dia persiapan saya saat akan ngebolang nanti. Semoga segera terwujud ya, teman-teman. Biar saya bisa ceritakan juga pengalaman seru saya selama ngebolang. Aamin...

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Persiapan Ngebolang Naik Motor"

  1. Emang paling asik kalau kemanapun naik motor, soalnya bisa menerobos kemacetan dengan ambil jalan alternatif tapi ya itu motor harus prima dengan pengecekan secara berkala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak Emma. Itu seru banyak cerita dan pengalaman. Dan memnag kondisi motor harus prima.

      Delete
  2. Aku pernah nerima guest couchsurfing dari Australia yang ke Palembang kemudian beli motor untuk keliling Sumatra. Niatnya sampe Aceh tapi ternyata sampe Medan aja karena keterbatasan waktu. Lanjut nyeberang ke Malaysia hingga nemu jodoh di India hehe. Nah jelas kalau mau trip panjang harus prima motornya. Dulu dia juga ngecek kendaraan di bengkel sebelum berangkat sampe harus ganti ban luar demi keamanan. Sayangnya dulu belom ada Planet Ban, sekarang sih kl urusan motor ya percayakan Planet Ban aja 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, naik motor Mas Haryadi malah lebih jauh dan keren. Jalan-jalannya sudah jauh sampai ke luar negeri. Semoga saya ketularan ya Mas hehehe.

      Delete
  3. Kondisi motor sampai ke joknya juga harus nyaman. Karena saya pernah ngebolang dengan kondisi jok yang lumayan keras. Pegelnya minta ampun hehehe. Nyaman banget begitu pakai motor yang joknya empuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, benar sekali itu, Mbak. Karena namanya naik motor jauh, lama duduk bisa panas juga. Tapi salah satu caranya, istirahat di tempat-tempat bagus sambil menikmati pemandangan, Mbak.

      Delete
  4. Kami di Cianjur juga suka ngebolang lho Pak
    Kami punya komunitas Ngerayap
    Biasanya kami mengadakan touring secara rutin dan diikuti oleh semua anggota
    Betul itu kalau mau touring kudu mempersiapkan sepeda motor dengan baik. Service dan pengecekan secara menyeluruh jadi kewajiban pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau ini seru sih, Mbak. Bahkan lebih nyaman, aman, dan tenang.

      Delete
  5. Saya tim yang negbolang dekat-dekat dengan motor juga.
    Memang benar, sebelum ngebolang kondisi motor harus oke, untuk meyakinkannya harus servis dan ganti oli. Bengkelnya pilih yang terpercaya seperti Planet Ban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru yang dekat-dekat dulu Mbak. Baru kemudian lanjut yang jauh-jauh.

      Delete
  6. Aku paling suka deh ngebolang dengan naik motor. Alhamdulillah tahun ini banyak ngebolang touring pake motor ke berbagai tempat. Iya banget, ngebolang pake motor mah harus selalu bagus kondisi motornya. Dari mesin hingga segala sesuatunya. Kudu banget rajin diservis, terutama ganti oli dengan oli yang pas. Biar ngebolang bisa seru dan lancar di perjalanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kebahagiaan sendiri saat ngebolang naik motor ya, Mbak. Dan biar perjalanan lancar, kondisi motor memang harus diperhatikan.

      Delete
  7. Saya pernah tuh bermimpi traveling pakai sepeda motor
    Sayang beberapa kali tabrakan (karena ngelamun, hiks) dan keluarga melarang
    Akhirnya samsek mengemudi sepeda motor maupun mobil
    Untunglah anak-anak bisa diandalkan
    Biasanya kalo pulang ke Bandung, mereka pasti bawa sepeda motor ke Planet Ban
    untuk service, cek aki, oli dll

    ReplyDelete
  8. Ngetrip pake motor pasti seru banget deh. Semisal lelah, bisa istirahat dulu sejenak.
    Istilahnya, urusan rehat bisa atur sendiri.
    Tentunya buat ngebolang dengan motor, si pengendara dan motornya kudu dalam keadaan prima ya Pak. Cek-in dulu sebelum jalan, termasuk olinya udah diganti dulu biar makin nyaman

    ReplyDelete
  9. Dulu sering banget kami ngebolang naik motor, sampai keluar kota. Sejak punya anak udah nggak pernah, palingan saya ajak anak-anak ngebolang naik motor dalam kota aja. Pengen deh ngajak anak-anak keluar kota gitu naik motor, tapi yang utama pastikan kondisi motor prima dulu ya

    ReplyDelete
  10. Saya pun pengen ngebolang naik motor, boncengan berdua sama suami. Tapi belum kesampaian. paling jauh malang ke klaten aja.

    Faktor usia emang harus dipertimbangkan ya untuk makin jaga kesehatan. Semoga nggak banyak kepepetnya, sehingga harus sering begadang.

    ReplyDelete
  11. Namanya ngebolang pake motor, kudu banget kita mempersiapkan kondisi motor dan kesehatan kita. Biar motor dan badan kita selalu fit saat harus berkendara jarak jauh.

    ReplyDelete
  12. Cita-cita mas Bams persis kaya adek.
    Sekarang adek lagi tinggal sama saya di Bandung karena mau ambil S2. Nanti kalau uda pasti diterima, rencananya bakalan motoran dari Surabaya ke Bandung tuh..
    MashaAllaa~
    Memang jiwa-jiwa petualang itu gak bisa diboongin yaa..

    Semoga lancar semua, mas Bams.
    Impiannya terwujud dan jangan lupa untuk tetap fit untuk kendaraannya serta pengendaranya.

    ReplyDelete
  13. Ganti oli tuh seringkali dilupakan oleh orang banyak padahal penting banget, apalagi kalau kendaraannya sering dipake ngebolang kemana-mana.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.