} Elmi Sumarni Ismau Pembawa Sinar Benderang dari Kota Karang - Bambang Irwanto Ripto

Elmi Sumarni Ismau Pembawa Sinar Benderang dari Kota Karang

Kelemahan Terbesarmu adalah ketika kamu menyerah dan kekuatan terbesarmu adalah ketika kamu mencoba sekali lagi, so lakukan yang terbaik di semua kesempatan yang kamu miliki. 

Foto : Instagram @elmiismau - desain Canva


Kutipan kata-kata penuh penyemangat di atas, saya ambil dari postingan Elmi Sumarni Ismau. Caption ini jelas tersurat bahwa, kita jangan pernah menyerah dan harus terus semangat berusaha untuk mencapai sesuatu atau keinginan.

Dan memang banyak orang, termasuk saya pun dulu, terkadang terlalu memikirkan kekurangan, sehingga menutupi kekurangan. Padahal justru potensi atau kelebihan yang ada pada diri harus ditonjolkan untuk menutupi kekurangan kita. Sampai orang lain tak memperhatikan lagi kekurangan kita.

Kekuatan Besar Elmi Sumarni Ismau

Kekurangan bukanlah penghambat untuk bermanfaat bagi orang lain. Inilah yang ditunjukkan oleh Elmi Sumarni Ismau . Di balik kekurangannya karena kedua kakinya diamputasi, Elmi  yang Lahir di Oesena 19 Agustus 1993  mampu menjadi inspirasi dengan menjadi pejuang kesetaraan penyandang disabilitas di Nusa Tenggara Timur. 

Pada tanggal 14 April 2020 yang bertepatan hari Valentine atau kasih sayang, Elmi bersama lima temannya yang  sesama disabilitas yaitu Yafas Aguson Lay  (amputasi tangan kiri), Dinna Novista Noach (disabilitas mini), Yani Nunuhitu (menggunakan tongkat ketiak), Yunita Baitanu (difabel fisik dan intelektual) dan seorang non disabilitas yaitu Berti Soli Dima Malingara menyatukan satu pemikiran. 

Foto : Instagram @elmiismau

Mereka mendirikan gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas untuk Inklusi (GARAMIN) Nusa Tenggara Timur. GARAMIN ini merupakan organisasi non pemerintah yang independen, nirlaba, dan non partisan. GARAMIN NTT juga adalah keresahan Elmi mengenai dirinya dan teman-teman sesama disabilitas tentang apa yang mereka alami selama ini. Elmi Mereka ingin mengubah stigma masyarakat terhadap penyandang disabilitas. 

Memang tidak bisa dipungkiri, selama ini masyarakat masih menganggap seorang disabilitas adalah orang yang tak berdaya. Mereka perlu dibantu, karena dianggap tidak bisa apa-apa. Bahkan ada yang memandang sebelah mata.

Padahal teman-teman disabilitas juga mempunyai kemampuan atau kelebihan. Di balik kekurang fisik mereka, ada potensi luar biasa. Mereka mampu berperan serta dalam banyak hal. Termasuk juga mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional di bidang olahraga.


Aksi GARAMIN NTT

Segala sesuatu itu perlu bergerak, lalu menghasilkan pembuktian, barulah orang percaya dan mengakui. Dan langkah inilah yang dilakukan oleh GARAMIN NTT. Saat Pandemi covid-19, mereka mendampingi teman-teman disabilitas untuk mendapatkan akses vaksinasi. Apalagi banyak yang terkendala karena belum mempunyai identitas. GARAMIN NTT membantu pengurusan identitas diri, baik kartu keluarga maupun kartu Tanda Penduduk (KTP). Segala tantangan bisa dilalui oleh Elmi dan teman-teman lainnya dari GARAMIN NTT.

Foto Instagram @garamin-ntt

Elmi dan rekan-rekan juga turut serta saat Bencana alam siklon tropis badai seroja melanda NTT bulan april 2021, badai Seroja yang menyebabkan angin kencang, tanah longsor, dan banjir bandang. Para relawan GARAMI NTT turun tangan untuk memberikan bantuan kepada teman -teman disabilitas di lokasi bencana.

Apresiasi  untuk Perjuangan Elmi

Berkat perjuangan Elmi dan teman-teman, tahun 2021 Elmi mendapatkan penghargaan Anugerah SATU sebagai pejuang tanpa pamrih Sahabat difabel dari Kupang. Elmi termasuk sebagai penerima Apresiasi SATU Indonesia Award 2021 dari ASTRA.

Foto : IDN Times

Penghargaan ini, pastinya membuat Elmi dan rekan-rekan semakin bersemangat membantu teman-teman difabel lainnya. Impian Elmi, ia ingin membangun desa yang fasilitas umumnya ramah disabilitas. . Pastinya Elmi juga ingin, agar teman-teman disabilitas diberikan kesempatan yang lebih banyak dalam berbagai kegiatan, agar bisa terus berkarya bagi bangsa Indonesia. 

Dari kisah Elmi dan GARAMIN NTT terdapat pesan tersurat, bahwa penyandang disabilitas memiliki hak yang sama, potensi yang luar biasa dan bisa memberikan kontribusi berharga dalam masyarakat. Elmi dan GARAMIN NTT telah memberikan inspirasi banyak orang , termasuk teman-teman disabilitas lainnya. bahwa kekurangan bukan penghalang untuk bermanfaat, tapi justru pemacu semangat untuk terus memberi kepada sesama. Ya.. Elmi Sumarni Ismau.. pembawa sinar benderang dari kota Karang, Kupang, Nusa Tenggara Timur.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Elmi Sumarni Ismau Pembawa Sinar Benderang dari Kota Karang"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.