} Mortgage Calculator, Game Seru dan Mendidik untuk Anak-Anak - Bambang Irwanto Ripto

Mortgage Calculator, Game Seru dan Mendidik untuk Anak-Anak

Kalau sudah bicara soal game pasti tidak lepas dari keseruan. Makanya hampir semua orang suka bermain game, termasuk anak-anak. Tapi sudahkah teman-teman memilihkan game yatertentu untuk anak?

Foto Bing Image - Desain Canva


Pendidikan Literasi Keuangan untuk Anak-Anak

Literasi Keuangan itu sangat penting diajarkan kepada anak-anak. Manfaatnya sangat banyak. Pastinya akan membuka wawasan anak agar bisa mengelola uang dengan bijak, termasuk pemanfaatan produk dan layanan keuangan. Nanti anak-anak akan paham dan akan membantu mereka merencanakan masa depan melalui kebiasaan menabung dan pengenalan konsep investasi sesuai usianya.

Foto Bing Image


Hanya memang anak-anak tidak bisa diajarkan literasi keuangan secara langsung dengan memberikan penjelasan ini itu seputar literasi keuangan. Anak-anak perlu diajarkan literasi keuangan melalui hal-hal yang menyenang. Jadi mereka bermain sambil belajar. Soal literasi keuangan pun akan mudah mereka pahami dan mengerti.

Mortgage Calculator

Saat ini, orang tua dimudahkan mengajarkan literasi keuangan kepada anak-anak. Salah satunya melalui MortgageCalculator yang merupakan sebuah situs game daring yang dapat diakses secara gratis dan menawarkan pengalaman bermain game yang menyenangkan dan mendidik Untuk anak-anak.



Ada 100 game video keuangan yang tidak hanya menarik dan menyenangkan, tapi juga sangat mendidik. Selain bisa diakses secara gratis, Mortgage Calculator Money juga bebas iklan. Mulai dari Money Games, Real Estate Games, Restaurant Simulation Games, dan lain-lain. Pastinya bisa disesuaikan dengan usia anak.

Yang saya suka, Game-game di Mortgage Calculator ini bisa dimainkan di berbagai perangkat. Bisa laptop, tablet dan, smartphone. Terus tidak perlu menginstall aplikasi tertentu. Jadi bisa dimainkan di mana saja dan kapan saja. Termasuk misalnya dalam perjalanan di dalam kendaraan umum maupun pribadi.

 

5 Game untuk Keponakan di Mortgage Calculator

Nah, kebetulan nih, saya mempunyai  2 keponakan yang masih berusia 7 dan 5 tahun. Mereka suka bermain game. Tapi bagusnya tidak sekadar bermain game, keponakan saya harus mendapatkan sesuatu  yang bermanfaat juga.

 Makanya saya pun mencarikan game yang cocok untuk mereka di Mortgage Calculator. Ternyata memang banyak sekali permainan seru. Misalnya ada menghitung uang dan menukarnya. Permainan yang sangat menyenangkan belajar tentang uang, sekaligus mengajarkan keponakan saya penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

Berikut 5 Games yang Saya rekomendasikan untuk 2 Keponakan Saya :

Chas Back

Chas Back adalah permainan di mana pemain memberikan uang kembalian yang benar kepada pelanggan mengunakan uang kertas dan koin. Jadi anak-anak yang bermain seolah-olah menjadi kasir. Terus levelnya juga bisa dipilih dulu sesuai kemampuan anak.




Permainan ini sangat bagus jadi anak-anak belajar berhitung, plus bisa belajar bahasa Inggris. Anak-anak pertama membaca petunjuknya. Misalnya petunjuknya membeli tas seharga 9 Dollar. Terus dia memberikan uang sebesar 16 Dollar. Nah, kembalinya 7 Dollar.


Maka anak-anak bisa mengembalikan dengan 7 lembar uang 1 Dollar bisa juga mengembalikan dengan 2 lembar uang 1 Dollar + 1 lembar uang 5 Dollar.


Treze Coins

Treze Coins adalah merupakan permainan uang sederhana di mana anak-anak menambahkan koin untuk dimasukkan ke dalam mesin permen karet.



Permainan ini mengingatkan saya pada permen karet aneka warna yang dijual dalam bulat kaca. Jadi memang untuk mengeluarkan permen karet, harus memasukkan koin. Dipencet, baru keluar permen karetnya.

Nah, permainan ini terdiri dari 3 level :

  • Level 1 hanya terdiri dari uang koin senilai 1 Dollar
  • Level 2 Terdiri dari uang koin senilai 1 Dollar dan 10 Dollar
  • Level 3 Terdiri dari uang koin senilai 1, 5, dan 10 Dollar


 

Koin Treze ini sama cara bermainnya. Jadi nanti ditentukan berapa jumlah koin yang harus dimasukkan. Misalnya 7 koin, maka anak-anak mengklik 7 koin bernilai 1 Dollar. Setelah itu menekan tombol. Maka permen karet akan keluar.







Pastinya seiring meningkatnya level, maka anak-anak bisa menyesuaikan koin dengan permintaan dengan koin yang tersedia. Misalnya diminta memasukkan koin senilai 25 Dollar, maka anak-anak bisa memilih :
  • 2 uang koin senilai 10 Dollar + 1 uang koin senilai 5 dollar. 
  • 1 koin 10 Dollar + 2 Koin 5 Dollar + 5 koin 1 Dollar

Money bubble Pop

Gelembung Uang Pop Adalah permainan menggambar garis minimal pada 3 gelembung yang isinya sama. Nanti gelembung itu akan meletus dan berganti dengan gelembung baru. 





Jadi akan ada banyak gelembung dengan gambar yang berbeda-beda. Nah, anak-anak akan diminta untung menghubungkan minimal 3 gelembung dengan isi yang sama yang saling berdekatkan. Nanti gelembung itu akan meletus dan berganti dengan gelembung lainnya.




Nah, saat memainkan game ini di laptop, tampilan gambarnya tidak bisa penuh, masih banyak ruang kosong. Jadi anak-anak akan lebih suka memainkan di hape. Lagipula kalau di laptop atau komputer mungkin harus menggunakan mouse, kalau di smartphone bisa menggunakan jari.





Piggybank Adenture

Petualangan celengan adalah game teka-teki fisika pengumpulan bintang. Game ini tidak hanya seru, tapi juga mengasah otak anak-anak. Bagaimana koin tidak hanya masuk ke dalam celengan, tapi juga mengenai bintang. 



Ada satu koin yang harus diputuskan dari tali. Kemudian ada 3 bintang. Setiap level polanya berbeda. Mulai dari yang mudah,sampai dengan balok yang berputar. Anak-anak dituntut untuk berpikir agar koin tidak jatuh, lalu mengenai bintang dan masuk ke dalam celengan.












Burger Shop

Sesuai namanya, toko ini menjual burger. Jadi pemain yang menjadi pemilik toko burger dan melayani para pembeli. Kita harus menyediakan burger sesuai pesanan pembeli dengan tepat dan cepat. Karena kalau salah isian, maka pelanggan akan pergi. Begitu juga saat waktunya habis, pelanggan akan pergi, walau pesanan sudah siap.





Nah, saat ada yang bahan burger yang habis, maka anak-anak bisa membeli dengan uang yang sudah terkumpul. Misalnya roti burger habis, sedangkan pelanggan masih memesan, maka kita harus segera membelinya, begitu pun dengan isinya. Jadi kalau ada pelanggan pesan burger, anak-anak harus siap membuat pesan sesuai permintaannya.

Foto Bing Image

Nah itu dia  game yang cocok untuk keponakan saya saat ini. Pastinya seiring waktu dan bertambah usia, mereka pasti akan mencoba berbagai game-game di Mortgage Calculator. Tidak hanya seru dan menarik, tapi juga mendidik. Teman-teman harus segera mampir dan mencarikan game yang sesuai untuk buah hati.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mortgage Calculator, Game Seru dan Mendidik untuk Anak-Anak"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.