} Intip Strategi Bisnis Mie Gacoan, Banyak Fokus pada Pemasaran - Bambang Irwanto Ripto

Intip Strategi Bisnis Mie Gacoan, Banyak Fokus pada Pemasaran

Sebagai pelopor mie pedas, banyak yang penasaran bagaimana strategi bisnis Mie Gacoan yang sesukses sekarang. Apalagi mengingat asal usul Mie Gacoan pertama yang berdiri 8 tahun lalu merupakan waktu yang tidak terlalu singkat.

Foto Instgram @mie.gacoan/Desain Canva


Belum lagi saat pandemi Covid-19 yang membuat banyak bisnis gulung tikar, Mie Gacoan tetap bertahan sampai saat ini. Apa strategi bisnis mereka yang perlu ditiru? Simak rahasia bisnisnya ini.

7 Strategi Bisnis Mie Gacoan yang Membuatnya Sukses

Melansir dari website resmi Mie Gacoan, usaha ini merupakan anak perusahaan dari PT Pesta Pora Abadi yang berdiri sejak 2016. Bisnis ini pun terus berkembang hingga kini yang terkenal di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Bali.


Konsep ‘Bersantap Modern dengan Harga yang Affordable’ telah dibuktikan dari varian menu, rasa hingga harganya yang mulai dari Rp9.000-an saja. Harga menu yang murah dengan banyak varian menu memang menjadi strategi bisnis Mie Gacoan.

Tapi, bukan itu saja yang membuatnya sukses, banyak strategi menarik yang terus diambil. Seperti apa strategi tersebut, simak dulu daftarnya ini:

1.     Menerapkan Nama Unik pada Menunya

Pertama kali meluncur, nama menu Mie Gacoan menggunakan nama-nama hantu seperti mie setan, mie angel, mie iblis. Nama-nama ini kian menarik perhatian masyarakat untuk mencoba seperti apa rasa dari masing-masing menu.

Meskipun saat ini, nama menu tersebut sudah diganti tetapi Mie Gacoan masih menggunakan nama unik yaitu permainan zaman dulu. Contohnya, mie suit, mie hompimpah dan mie Gacoan.

2.     Minim Sub-Brand

Strategi bisnis Mie Gacoan yang cukup menarik adalah tidak terlalu banyak substitut brand di dalam PT Pesta Pora Abadi dan juga turunannya. Berbeda dengan bisnis kuliner lain yang biasanya akan memanfaatkan momen ramai dengan menciptakan sub-brand.

Foto Instgram @mie.gacoan


Justru dengan fokus pada brand utama menjadikan Mie Gacoan sukses seperti sekarang. Hal ini jugalah yang menjadikan Mie Gacoan justru lebih terkenal dan sudah menetap di pikiran masyarakat.

3.     Pemasaran di Media Sosial yang Maksimal

Soal pemasaran, Mie Gacoan lebih fokus memanfaatkan media sosial. Mereka memiliki akun di Instagram, Facebook, TikTok dan juga X (Twitter). Langkah ini justru bisa menciptakan buzz di kalangan pengguna medsos.

Bukan sekedar banyak akun, Mie Gacoan juga mengelola akun mereka dengan baik. Mulai dari menciptakan konten menarik dari foto, video yang mampu memperlihatkan kualitas rasa, tekstur sampai variasi menunya.

Pengelolaan pelanggan di media sosial juga cukup aktif seperti kerap mengadakan kontes, menjawab komentar hingga pemesanan. Interaksi dengan pelanggan yang baik inilah yang menciptakan kedekatan.

4.     Memanfaatkan Influencer Marketing

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa pemasaran melalui influencer kini menjadi taktik bisnis yang penting. Hal ini jugalah yang dipilih oleh Mie Gacoan untuk memperluas pasar.



Mie Gacoan kerap bekerja sama dengan food blogger, vlogger untuk mengulas gerai dan juga menu-menunya. Kolaborasi yang kerap dilakukan pun sangat menarik sehingga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

5.     Sering Kolaborasi dengan Festival Kuliner

Strategi bisnis Mie Gacoan awal yang kerap mereka lakukan adalah bekerja sama dengan acara seperti festival kuliner. Dulu, hampir setiap festival kuliner pasti disambangi oleh Mie Gacoan yang membuat produknya mudah terkenal.

Cara ini tentu saja membuahkan hasil karena brand mereka semakin dikenal, meskipun saat ini sudah cukup jarang aktivitas mereka di festival kuliner.

6.     Pengembangan pada Pelayanan

Inovasi Mie Gacoan tidak hanya pada nama menu dan juga pemasaran tetapi juga pelayanan mereka. Di setiap gerai, pelayanan Mie Gacoan sangat ramah dan juga baik yang membuat pelanggan merasa nyaman.

Foto Instgram @mie.gacoan


Kecepatan pelayanan pun menjadi fokus utama untuk kepuasan pelanggan. Apalagi dengan ramainya Mie Gacoan di setiap gerai mereka selalu menerapkan standar pelayanan yang inovatif dan menerima saran pelanggan secara terbuka.

7.     Gerai Besar yang Strategis

Mengikuti perkembangan pelanggan yang begitu pesat, Mie Gacoan lantas mengembankan gerainya menjadi lebih luas. Setiap gerai bisa menampung lebih banyak pelanggan dengan arsitektur yang nyaman.

Lokasinya juga strategis di setiap kota sehingga tidak sulit dicari oleh pelanggan. Apalagi kini Mie Gacoan sudah menerima pesanan dari layanan ojek online, sehingga semakin mudah pula pelanggan untuk mendapat menu-menunya.

Mengintip strategi bisnis Mie Gacoan tentu saja bisa menginspirasi siapa saja terutama yang memiliki bisnis kuliner. Tidak ada salahnya mencoba setiap strategi ini untuk bisa mengembangkan bisnis pribadi hingga sukses.

 

Referensi:

https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/membongkar-strategi-bisnis-mie-gacoan-mie-pedas-nomor-satu-di-indonesia

https://edoo.id/2023/08/bedah-strategi-marketing-mie-gacoan-yang-viral/

https://www.sab.id/strategi-bisnis-mie-gacoan-bongkar-strategi-pemasaran/

 


Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Intip Strategi Bisnis Mie Gacoan, Banyak Fokus pada Pemasaran"

  1. Iya sih. Promosinya mie gacoan emang keren sih. Kalau lewat gerainya Mie Gacoan, kayak nggak pernah melihat mereka sepi. Selalu rame.

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah makan mie gacoan nih padahal pusatnya di Malang heheheh. Antrinya itu lho. Tapi kata temen2 emang enak terutama udang kejunya. Maybe lain kali pesen lewat aplikasi aja.

    ReplyDelete
  3. Kalo dipikir-pikir iya juga ya Pak Bams, semisal ada sub brand malah jadinya membuat pelanggan bingung, dan buat si brandnya juga bisa nggak fokus, karena ber sub-sub seperti itu.
    Siip semoga makin sukses untuk mie gacoan, dan bisa menjadi inspirasi untuk jenama yang lain.

    ReplyDelete
  4. Strategi pemasaran Mie Gacoan sungguh patut diacungi jempol! Dengan inovasi menu yang terus menerus dan pendekatan digital yang sangat kuat, mereka berhasil menggaet banyak penggemar. Saya rasa, keberhasilan Mie Gacoan ini bisa menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis kuliner lainnya untuk lebih kreatif dalam memasarkan produknya.

    ReplyDelete
  5. Keren sih Mie Gacoan ini, Mas Bams. Strategi marketingnya memang menyeluruh. Sayangnya saya beberapa kali makan Mie Gacoan tidak terlalu puas sih terutama karena siomaynya selalu dingin. Maklum, biasa makan siomay panas-panas sih hihihi.

    ReplyDelete
  6. Mie Gacoan favorit banget, hampir semua orang khususnya anak muda berburu kuliner yang satu ini. Di daerah tempat tinggalku Mie Gacoan sejak buka sampai sekarang masih banyak peminatnya

    ReplyDelete
  7. Inget banget pertama kali makan mie gacoan tuh antriannya, mashaAllaa~
    Dan itu pas bulan Ramadan. Alhamdulillah, karena lokasi strategis, mudah parkir untuk yang membawa kendaraan roda dua dan roda empat serta pembagian ruangan yang cukup baik ((smoking and no smoking area)), Mie Gacoan memang jadi tempat kongkow yang asik. Mau mabar keluarga, sahabat, rekan kerja atau buat acara pun, bisa banget.

    Paling suka sama menunya yang beragam.
    Gak hanya mie, tapi juga makanan pendamping yang bikin kenyang, kaya Udang Rambutan, Udang Keju dan Es Gobak Sodor.

    ReplyDelete
  8. Mencari Mie Gacoan memang mudah, tapi antrenya itu lho yang penuh perjuangan. Btw, terus terang aku lebih suka namanya yang sekarang daripada yang setan-setanan. Aku termasuk yang kontra dengan penggunaan nama geng setan untuk makanan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.