} Solusi Anak Sukses Menghadapi Kurikulum Cambridge Primary - Bambang Irwanto Ripto

Solusi Anak Sukses Menghadapi Kurikulum Cambridge Primary

Salah satu keberhasilan dalam pendidikan adalah kurikulum yang diterapkan di sekolah. Pastinya, Kurikulum itu tidak hanya baik, tapi juga harus sesuai untuk para siswa. Kurikulum yang tepat, akan memacu anak-anak semangat belajar, karena apa yang dipelajari seusai minat dan bakatnya. Sehingga akan mendapatkan hasil maksimal sesuai harapan.



Kurikulum Cambridge

Salah satu kurikulum internasional yang sudah diterapkan sekolah-sekolah di Indonesia adalah kurikulum Cambridge. Kurikulum pendidikan internasional ini,  dikembangkan oleh Cambridge Assessment International Education (CAIE) yang merupakan bagian dari University of Cambridga di Inggris.

Kurikulum Cambridge  memiliki beberapa program termasuk Cambridge Primary yaitu kurikulum dasar untuk anak-anak usia 5-11 tahun yang digunakan di 160  lebih negera. Kurikulim cambridge mencakup 4 bidang mata pelajaran yaitu ilmiah, fisika, kimia dan biologi.



Kurikulum Cambridge Primary

Seputar kurikulum Cambridge ini semakin tercerahkan, saat saya mengikuti webinar yang diadakan oleh Sinotif. Hadir sebagai pembicara Ibu Jenita Nelmawaty S.Psi selaku Primay Principal di Stella Maris Gading Serpong. Dengan moderator Mas Hafidz Noor.



Sekolah yang dikepalai Ibu Jenita ini, sudah menggunakan kurikulum Cambridge, termasuk Cambridge Primary untuk tingkatan sekolah dasar. Tujuannya untuk membekali peserta didiknya dengan pengetahuan yang luas dan keterampilan yang relevan.  Cambridge Primary ini juga  fokus pada pengembangan tiap siswa.

Stella Maris Gading Serpong menggunakan Kurikulum Cambridge, karena sudah merupakan kurikulum komprehensif. Dimana pendidikan yang luas dan seimbang dengan penekanan kuat pada literasi, berhitung, sains, dan keterampilan kritis yang meletakkan dasar yang kuat pada pembelajaran di masa depan. Bisa juga diartikan kurikum Komprehensif ini adalah kurikulum yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhn dan minat siswa secara menyeluruh.



Bu Jenita menjelas, ada 11 mata pelajaran pada Kurikulum Cambridge Primary ini. Mulai art & Desain, Cambridge Global Perspectives, computing, Digital Literasi, English, English as a second languafe, mathematics, music, physucal Education, Science, wellbeing NEW. Wah komplit, ya. Ini jelas sekali bisa disesuaikan kebutuhan dan minat setiap siswa.

Kurikulum Cambridge dan Pelajaran Sains

Salah satu mata pelajaran dalam kurikulum Cambridge adalah sains. Bagaimana siswa diajak untuk berpikir dan bekerja secara ilmiah Sacara konteks, sains itu termasuk biologi, kimia, Fisika, dan bumi dan luar angkasa. Sains ini membuat siswa berpikir scara krisis, bagaimana mereka menerima, berpikir krisis, dan mengumpulkan fakta-fakta sehinggan hasilnya siswa menganalisa informasi secara efektif. Akhirnya siswa medapatkan argumen, menyelesaikan masalah atau mencapai kesimpulan

 


 

Memahami Skor Pos Pemeriksaan Kurikulum Cambridge

Untuk mengetahui seberapa besar kemampuan para siswa mengikuti Kurikulum Cambridge Primary ini, maka perlu sekali diadakan tes. Skor pos pemeriksaan cambridge dari skala 0-50. Namun skala ini bersifat indikatif karena mungkin pelajar menunjukkan tingkat pencapaian yang berbeda dalam aspek yang berbeda

1. Basic Skala 1 – 10

Peserta didik umumnya telah mecapai tingkat prestasi besar. Sementara menunjukkan tingkat pemahaman , pengetahuan, dan keterampilan kurikulum yang terbatas.

2. Aspiring Skala 11-20

Peserta didik mungkin menunjukkan aspek kinerja dasar  dan kriteria yang baik

3. Good Skala 21-30

Secara umum para pelajar telah menunjukkan tingkat prestasi yang baik. Mereka telah menunjukkan tingkat pemahaman, pengetahuan dan keterampilan yang baik pada sebagian besar isi kurikulum. Namun akan mendapat manfaat dari fokus pada bidang spesifik kurikulum yang diidentifiasi.

4. High Skala 31-40

Peserta didik mungkin menunjukka kinerja baik dan kinerja luar biasa.

5. Outstanding Skala 41-50

Peserta didik secara umum  telah menunjukkan tingkat prestasi yang luar biasa. Mereka telah menunjukkan tingkat pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan yang komprehensif terhadap isi kurikulum, dan harus siap untuk tahap pembelajaran berikutnya.

 

Dukungan Penuh Orang Tua kepada Anak

Berdasar dari skala-skala  tadi, untuk mencapai skor tertinggi anak-anak juga perlu didukung meningkatkan kemampuanya ya. Termasuk dalam pelajaran sains ini. Apalagi pelajaran eksakta memang terbilang susah bagi anak-anak.

Nah, Sinotif memberi soulusi nih. Sinotif yang sudah ada 24 tahun ini dan fokus pada pelajaran eksakta, matematika, fisika dna kimia, pastinya akan membantu buah hati teman-teman. Kalau nilainya bagus, akan meningkatkan kepercayaan diri anak juga.



Sinotif hadir sebagai kepercayaan orang tua. Membantu orang tua memastikan anak bisa pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Jai orang tua tidak perlu memikirkan pelajaran anak sekolah dan bisa fokus pada pekerjaan kantor atau bisnis.

Untuk anak, Sinotif hadir sebagai sahabat anak. Siswa memiliki pemahaman konsep eksakta yang benar, mendampingi siswa belajar dengan cara menyenangkan. Mereka bisa menikmati masa sekolah dengan nyaman, kemudian membangun kepercayaan diri melalu kemenangan-kemenangan kecil dalam pelajaran eksakta yang relatif lebih sulit.

Keunggulan lain Sinotif adalah para gurunya fulltime dan spesialis, sehingga tidak risiko ganti guru. Guru selalu ditraning dan bisa pantau perkembangan siswa. Apalagi pengajarannya personalized yang menyesuaikan dengan kebutuhan, standar sekolah, dan karakter siswa.



Nah ini yang disukai anak-anak. Walau belajar dari rumah, tapi seperti belajar di kelas karena dengan tatap muka online live live interaktrif. Jadi anak-anak akan semakin semangat belajarnya.

Itu dia sharing seputar kurikulum Cambridge Primary. Semoga teman-teman ikut tercerahkan juga. Pastinya harus terus mendukung anak untuk mencapai hasil yang terbaik.

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Solusi Anak Sukses Menghadapi Kurikulum Cambridge Primary"

  1. Sinotif emang tidak diragukan lagi sih sebagai sahabat belajar anak. Semua tutornya keren. Karena emang selalu ditraining sih ya.

    ReplyDelete
  2. Cambridge memang kurikulum internasional yang paling banyak dipakai di berbagai sekolah "internasional" di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Saya rasa, kurikulum Cambridge cukup bagus diterapkan di Indonesia. Sayangnya zaman bujang SD dulu belum ada.

    ReplyDelete
  4. Bakalan makin mudah nih memahami kurikulum Cambridge dengan bimbingan dari Sinotif. Udah beda banget yaaa dengan jaman dulu kurikulumnya. Perlu bimbingan dari Sinotif nih agar mudah lulus.

    ReplyDelete
  5. Belajar pelajaran science memamg sesuatu. Butuh nalar, pemahaman dan hitung² yang pandai. Sehingga kalau anak-anak belajarnya harus ekstrak lebih mantap lagi, salah satunya dengan ikut bimbingan belajar ya

    ReplyDelete
  6. Menarik nih kurikulum Cambridge, sepertinya lebih mudah dipahami anak jika menggunakan kurikulum Cambridge. Sinotif juga menggunakan kurikulum Cambridge to

    ReplyDelete
  7. Wah Sinotif keren nihm gurunya semua fulltime dan sduah sepsialis. Jadi benar-benar memberikan dampak yang baik bagi siswa ini. Karena perhatian dan keilmuannya tercurahkan sepenuhnya

    ReplyDelete
  8. Perpaduan sekolah dengan kurikulum terbaik seperti Cambridge dan dipadukan dengan Sinotif akan membuat siswa semakin senang dengan proses pembelajaran karena didukung dengan sistem dan teknis terbaik dalam kurikulumnya

    ReplyDelete
  9. Senangnya jika bisa memberikan pendidikan terbaik untuk anak, termasuk sekolah yang kurikulumnya memang sesuai dengan kebutuhan anak.

    ReplyDelete
  10. Sinotif udah jadi sahabat anak2 dalam belajar. Mulai dari SD hingga SMA. Apalagi kurikulum yg dipake pun udh standar internasional, selaras dgn kurikulum Cambridge yg udh dipake bnyk sekolah. Dan asyiknya udh ada sekolah di dlm.negeri yg udh pake kurikulum Cambridge ini.

    ReplyDelete
  11. Awal-awal masukin anak ke SD tuh kaget karena menggunakan Kurikulum Cambridge. Dan ternyata setelah diikuti, anak-anak happy.. karena memang gak ada tekanan dalam pembelajaran yaa.. terbilang cukup santai dengan materi yang sambung menyambung atau runut. Buku paketnya pun baguuss.. Dijamin anak-anak makin seneng belajar sih kalo penunjangnya aja menyenangkan begini.

    Kebetulan banget kan Sinotif menggunakan Kurikulum Cambridge. Perlu banget sih ikutan menurutku. Karena beneran gak kerasa belajarnya banget..

    ReplyDelete
  12. Sinotif bisa jadi solusi tepat buat anak² makin betah belajar yah.

    ReplyDelete
  13. Keberadaan Sinotif sangat membantu orang tua, apalagi di zaman sekarang tingkat kesulitan pelajaran lebih tinggi dibanding zaman dahulu....

    ReplyDelete
  14. Sekarang banyak juga ya sekolah yang menawarkan kurikulum Cambridge ini. Ternyata bagus juga ya untuk tumbuh kembang anak apalagi di masa SD

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.