} Cara meningkatkan Machine Uptime dalam Industri Manufaktur - Bambang Irwanto Ripto

Cara meningkatkan Machine Uptime dalam Industri Manufaktur

Sejak tahun 1998, saya tinggal di dekat kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Alhamdulillah, saya pun bekerja di salah satu percetakan di sana. Beberapa bulan kemudian, kakak dan adik saya pun menyusul ke Jakarta. Mereka pun mendapat kerja di kawasan Pulo Gadung. 

                           

Kami akhirnya mengontrak bersama. Lalu 2 tahun kemudian, karena pertimbangan dekat tempat kerja, akhirnya Bapak saya membelikan rumah mungil di sekitar situ. Kami pun kalau kerja cukup berjalan kaki saja. Hemat waktu, tenaga, juga uang hehehe.

Walau bekerja di pabrik yang berbeda, kami bertiga mempunyai kesamaan, yaitu bekerja dengan sistem 3 shift. shif. Shift 1, masuk pukul 07.00 dan pulang pukul 15.00. Shift 2, masuk pukul 15.00 dan pulang pukul 23.00. Lalu shift 3 masuk pukul 23.00 dan pulang pukul 07.00. Nanti setiap minggu dirolling. Shift 1 menjadi shift 3, shift 2 menjadi shift 1 dan shift 3 menjadi shift 2. 

Dengan 3 shift itu, otomatis kami tidak pernah bisa kumpul bersama. Malah kadang tidak bertemu. Misalnya saya shift Pagi dan adik saya shift Malam. Apalagi kalau kebetulan banyak produksi, itu biasa malah long shift.  Dari pukul 08.00 sampai pukul 20.00 dan pukul 20.00 sampai pukul 08.00.


Kenapa Kerja Shift?

Pabrik-pabrik di dalam kawasan industri, termasuk kawasan Industri Pulo Gadung, memang sebagian besar adalah industri manufaktur. Pabrik-pabrik itu mengolah sesuatu dari bahan mentah  atau bahan baku, menjadi sesuatu atau barang  yang  nantinya bisa dipakai atau dinikmati.

                                              

Misalnya kakak perempuan saya bekerja di sebuah perusahaan bordir yang menerima orderan bordir apa saja. Mulai dari jaket, topi, baju dan lain-lain. Terus adik saya di sebuah perusahaan minuman berenergi. Sedangkan saya sendiri bekerja di sebuah percetakan.

Produksi terus berlangsung sepanjang hari. Otomatis mesin pun terus berjalan, dan tidak berhenti. Karena semakin banyak pula produksi yang dihasilkan. Mesin akan terus bekerja, kecuali di hari libur atau kerusakan secara mendadak. Makanya diberlakukan 3 shift.


Peran Utama Mesin Produksi

Dalam industri manufaktur ini, mesin produksi memang sangat berperan penting. Karena kapan mesin produksi mengalami kendala, maka otomatis proses produksi akan terhenti. Para karyawan pun berhenti bekerja. 

                                           

Pastinya ini akan merugikan perusahaan juga. Salah satu alasannya, karyawan tetap digaji padahal tidak ada barang yang dihasilkan dari hasil produksi. Apalagi kalau kerusakan mesin cukup parah. Pastinya ini membutuhkan waktu juga untuk perbaikan. Belum lagi kalau spare part tidak tersedia. Harus menunggu waktu lagi.

Kalau sering seperti ini, lama-lama akan berat bagi sebuah pabrik. Apalagi rata-rata perusahaan itu menerapkan target. Misalnya minggu ini tidak capai target, maka harus terus mengejar target di minggu-minggu berikutnya. Selain itu, pastinya akan berimbas ke hal-hal lain juga. Misalnya barang akan telat dikirim ke konsumen. Ada komplain juga. 


Perlunya menjaga Mesin Utama Produksi

Makanya perlu sekali tindakan untuk menjaga mesin produksi. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan juga.  Berbagai langkah pun harus dilakukan.

                                                  


Terus Memantau

Kinerja mesin utama produksi harus terus dipantau. Makanya di setiap mesin, akan dijaga dan diawasi minimal 1 orang pekerja. Tugasnya mengawasi selama mesin berjalan melakukan produksi. Ini harus tetap dengan konsentrasi yang tinggi. Karena dari suara saja, bisa diketahui apakah mesin mengalami masalah atau tidak.

Perawatan Mesin

Harus dilakukan pada mesin secara berkala, dan jangan menunggu rusak dulu. Jadi bisa meminimalisir biaya. Misalnya ada alat yang sudah hampir aus, segera diganti. Daripada saat mesin sedang berjalan dan melakukan produksi, maka akan berakibat lebih fatal.

Machine Uptime

Dari artinya Machine uptime adalah waktu kerja mesin atau waktu aktif mesin. Dan Machine Uptime terbaik itu adalah 80 persen. Karena kapan hanya 50 persen atau bahkan kurang, maka bisa dipastikan produksi tidak maksimal karena sering mengalami kerusakan mesin. Machine Uptime ini sekaligus menjaga aset perusahaan agar tetap terus optimal dan membantu dalam produksi. Pastinya bagus menggunakan Industry Tools.


Optimalkan Machine Uptime Bersama Astakona

Biar machine Uptime berjalan optimal, maka sebaiknya bekerja sama dengan Astakona yang telah hadir sejak 2023. Produk Astakona juga sangat lengkap. Baik untuk Business Tools maupun Industry Tools yang akan sangat membantu di era digital seperti ini, karena mempercepat pertumbuhan bisnis lewat teknologi. 

                 


PT. Gemilang Astakona Gemilang ini didirikan oleh dua individu dengan misi meningkatkan ekonomi Indonesia dan memberdayakan para pelanggan untuk menjadi perusahaan kelas dunia melalui teknologi, termasuk software teknologi. Astakona mempunyai nilai-nilai inti Pasti Bisa yang merupakan singkatan dari (P) Positivity, (A) Accountability, (S) Synergy, (T) Tenacity, (I) Integrity, (B) Boldness, (I) Ingenuity,  (S)Savvy, (A) Adaptivity.


Keunggulan Uptime AI Astakona

Banyak sekali keunggulan saat menggunakan ultime AI dari Astakona ini. Pastinya akan sangat membantu. Jadinya lebih efisien waktu, tenaga dan biaya.

                               

  • Uptime AI dirancang dari penggabungan penelitian mutakhir dengan puluhan tahun pengetahuan di bidangnya. Software Astakona ini akan membantu optimalnya kinerja mesin dan dengan hasil produksi maksimal sesuai target.

  • Hadirnya uptime AI produk Astakona ini menjadi solusi terbaik saat era digitalisasi ini. Selain meningkatkan produktivitas tim, karena ultime AI memberi solusi karena mudah dipelajari dan dipahami.

  • Uptime AI membuat para pekerja bisa fokus pada hal yang penting, mulai dari memahami penyebab gejala, sampai tahu solusi apa yang harus diambil. Ini akan meningkatkan produktivitas kerja juga.

  • Uptime AI merupakan software teknologi untuk operator peralatan modern. Meningkatkan hasil industri proses dengan kekuatan AI tak tertandingi

  • Mesin inferensi Uptime AI memiliki database bawaan untuk lebih dari 120 lebih jenis peralatan dengan lebih dari 500 mod kegagalan untuk memberikan jawaban yang tepat

  • Mesin AI otonom dari Uptime AI  terus belajar dari data sensor baru dan aktivitas pengguna untuk secara otomatis menyesuaikan model dan mempelajari praktik terbaik dengan izin pengguna.

Sudah jelas ya, betapa sangat membantunya UptimeAl dari Astakona ini. Jadi memang segala sesuatu harus adaptif dengan perkembangan zaman. Teknologi AI pastinya bisa kita manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mendukung aktivitas kerja. Yuk, langsung gunakan UptimeAI.


Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Cara meningkatkan Machine Uptime dalam Industri Manufaktur"

  1. Cuma mesin yang mampu kerja 24 jam, itupuuun tetap butuh perawatan rutin supaya ngga ngambek.
    Btw, aku juga pernah kerja shift. Meski ngga pernah masuk malem ke pagi, tapi yang bikin aku nyerah karena sabtu dan minggu belum tentu libur dan 2 tahun ngga pulang lebaran, hikkkss...

    ReplyDelete
  2. Astakona ini produk AI yang berguna banget menjaga mesin agar tetap memiliki performa yang baik ya mas. Mana programnya mudah untuk dipahami. Terbaik memang.

    ReplyDelete
  3. Kalau update mengikuti perkembangan teknologi bisa membantu urusan kerja apalagi ini buat pelaku usaha industri ya, lebih optimal dan efisien lagi. Mantap ini kehadiran Astakona bisa dimanfaatkan secara maksimal

    ReplyDelete
  4. Produk Dari Astakona ini sangat variatif Dan sangat membantu meringankan pekerjaan.. dengan adanya produk ini pastinya pekerjaan Akan jadi lebih mudah Dan waktunya bisa lebih efisien apalagi seperti yang kita ketahui biasanya hasil kerja mesin itu lebih cepat

    ReplyDelete
  5. Setuju. Memang sebaiknya adaptof dengan teknologi terkini. Karena biasanya akan membantu kinerja. Hasilnya bisa lebih maksimal

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau kak kalau mechine pun perlu optimal ya harus 80% kinerjanya.. noted nih..bisa jadi referensi produk2 dari astakona ini ya

    ReplyDelete
  7. Saya pernah juga lho Pak kerja shift begitu pertama di pabrik elektronik di Sukabumi, lalu di pabrik textile di Bandung
    Suka dukanya emang banyak ya masa masa ngekost begitu
    Saya ga bisa lama kerja soalnya keburu krisis moneter.
    Sekarang kadang merindukan masa masa kerja seperti itu. Menanti pergantian shift dari malam ke pagi, kangen banget hehe

    ReplyDelete
  8. PASTI BISA, tidak hanya sebuah slogan ya bagi Astakona, tapi jadi acuan memberikan layanan terbaik buat konsumen. Bagus banget nih kalau ada produk-produk mesin pabrik yang bisa dihasilkan sendiri oleh bangsa kita, dengan uptime machine yang tinggi pula, jadi nggak khawatir proses produksi terganggu karena ada masalah pada mesin produksinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan Machine Uptime, kinerja mesin tetap optimal dengan hasil produksi yang maksimal. Yang aku salut dari business tools-nya Astakona nih, ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan. Sehingga kinerja pabrik bisa semakin powerful.

      Delete
  9. Keren nih Astakona, tau banget kebutuhan perusahaan industri
    Saya juga pernah bekerja di perusahaan industri (tekstil, kemudian garmen) sebagai chief accounting
    Mereka mempekerjakan pegawai teknik (yang gak jelas kualifikasinya) untuk merawat mesin-mesin, akibatnya kerja mesin kurang optimal dan mengancam nyawa pekerja lainnya

    ReplyDelete
  10. untuk perusahaan produksi, menjaga keawwetan mesin produksi menjadi kunci agar produksi barang tetap jalan sesuai target. Salahs atunya ya melakukan perawatan dengan industry tools. Astakona ini memang komit banget ya, dalam hal membantu para pebisnis manufactur untuk melakukan pemeliharaan mesin dengan kekinian

    ReplyDelete
  11. Salut deh dengan inovasi berbasis AI ini. Semoga dengan hadirnya Astakona mampu membangkitkan dan memajukan industri manufaktut Indonesia ya.

    ReplyDelete
  12. Ternyata uptime machine dari Astakona ini sebegitu detil dan teliti banget dalam memberikan output yaa... Sehingga para pekerja tinggal memantau dan memberikan feedback yang sesuai dengan kinerja mesin juga para pekerja. Selain efisien, tentu menjadi lebih hemat juga bagi pemilik usaha.

    ReplyDelete
  13. Kalo kerja shift gitu. Kadang nggak bisa ketemu sama sekali. Apalagi kalo lagi sibuk. Saya juga kerja sistem shift, tapi cuma sampe malam aja. Nggak ada shift malam ke pagi. Selain merawat mesin industri, juga perlu merawat para karyawannya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya, perawatan terhadap mesin, kudu diimbangi juga perawatan karyawannya alias jangan sampai pada sakit. Kalo udah sakit kan jadinya bakalan mengganggu operasional juga kan?

      Delete
  14. Menggunakan mesin akan sangat membantu produktivitas kerja. Cuma, kalau penggunaan mesinnya hanya 50% juga percuma. Butuh banget uptime AI untuk memaksimalkan kinerja mesin produksi.
    Produknya Astakona bener-bener beragam ya. Tidak hanya untuk perencanaan saja. Sampai produksi pun ada.

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah, berarti mesin itu bekerja 24 jam ya? Jadi beneran mesinnya harus dirawat dan dipantau. Bayangkan saja, mesinnya terus-terusan hidup selama 24 jam. Terus pekerja manusianya shift 3 kali. Soal ini agak baru tahu saya, soalnya setahu saya shift biasanya 2 kali. Mungkin karena ini perusahaan manufaktur ya.

    ReplyDelete
  16. Mesin memang harus dijaga ya Mas Bams agar tetap produktif tapi juga jangan sampai over heat. Untung ada software yang bisa membantu untuk maintenance dan optimalisasi mesin.

    ReplyDelete
  17. Software dari Astakona ini banyak sekali, ya. Semua software yang dibutuhkan oleh industri sepertinya ada nih di Astakona. Termasuk untuk machine uptime. Gimana pun, mesin-mesin produksi butuh dikendalikan dengan tepat agar selalu bisa berproduksi optimal.

    ReplyDelete
  18. Wah penting banget nih uptime AI dari Astakona banyak banget membantu pekerjaan jadi serba mudah ya

    ReplyDelete
  19. Ternyata Astakona juga bisa mengolah data untuk optimasi mesin juga ya, saya pikir hanya data yang terkait customer atau admininstrasi saja, karena data produksi itu parameternya banyak banget

    ReplyDelete
  20. Saya pernah kunjungan dari kampus ke pabrik gitu Sosro, PakBams, ngelihatnya aja udah serasa capek gitu kerjanya, kudu teliti, walo memang mesin yg kerja, hehe.. Makanya ya butuh perawatan mesin yg rutin biar makin maksimal kinerjanya.

    Business tool UptIme AI jadi mempermudah pengecekan mesin ya, Pak.

    ReplyDelete
  21. Sangat menarik untuk mengetahui bagaimana AI Uptime Astakona dapat meningkatkan uptime mesin secara signifikan. Fitur prediksi kerusakannya sangat membantu dalam merencanakan perawatan preventif, sehingga meminimalkan downtime yang tidak terduga. Ini jelas sebuah solusi inovatif untuk industri manufaktur.

    ReplyDelete
  22. Wah asli sih pak aku baru tau lho bahkan AI pun juga udah sampe ke industri ini, ada lagi yg namanya uptime AI lagi, wkwkw geleng2 deh, cepet banget ya perkembangan teknologi skrg tuh

    ReplyDelete
  23. Astakona ini memang produknya sangat variatif dan sangat berguna untuk kemajuan industri apapun termasuk manufaktur.

    ReplyDelete
  24. Wah Machine Uptime ini banyak banget manfaatnya ya, nggak cuma untuk pengusaha tapi juga buat para pekerja bisa bekerja lebih efisien dan efektif..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.